The Sky is High

It's just a box of pieces of a puzzle about a small circle of friends. It's about the lives, the loves, and the hopes. One by one, part by part. Hung up in the sky along with prayers. Until each of them can fly higher by itself. The Sky the Rain the Rainbow the Sun the Moon. All are talking in their own way. Carving their small footsteps in the history of time. And now each of them can really fly higher by itself, and leave this house one by one...


Kali pertama kamu melupakan sakralnya tanggal 26 bagi kita, Sayang. Pikirmu terpaku pada kata-kataku mengingatkan tanggal ulang tahun lelaki yang menjadi cinta pertamamu. Lalu, kau pun menelepon nomor telepon seluler yang kini telah menjadi milik orang lain. Mengucapkan sebaris kata-kata Happy B’day pada lelaki lain yang menjawab teleponmu dengan bingung sejak beberapa tahun yang lalu.


Malam pertama aku tidur berdua dengan perempuan selain dirimu di atas tempat tidur yang telah kujanjikan hanya milik kita. Dengan dia yang sangat merasa bersalah telah meminta untuk menginap, kau mengatakan tidak apa-apa. Aku hanya berharap bahwa saat itu kau sungguh ikhlas membiarkannya, bukan karena pikiranmu terlalu sibuk mengunyah cerna memori tentang dia yang kini entah telah berada di mana.


Dua enam-dua tujuh ini tidak ada hadiah, Sayang. Tidak ada acara makan-makan besar. Tidak ada hal yang spesial. Hanya kau di ujung telepon berbicara setelah aku dan sahabat kita mengirimkan sms Happy Monthliversary saat tengah malam. Kemudian kau menangis, dan aku membiarkanmu begitu.


Jantungku tidak berontak bukan karena tidak lagi mencintaimu, melainkan karena aku tahu: kau hanya punya malam ini untuk meratapinya yang telah jauh. Ketika pagi datang, kemudian hari ulang tahunnya berlalu, kamu akan pulang kepadaku. Setidaknya aku berharap begitu. Maka biarkanlah malam ini, aku lelap tanpamu...


Happy thirteenth monthliversary, My Dear...

I was, am still, and hopefully will always be in love with you…



October 28th, 2009

3.50 P.M.

tentang October 26th, 2009...

In the living room